Tentang Saya

Mungkin tampilan saya terlihat kurang pendeta…

Di beberapa kesempatan, saat diundang sebagai pembicara, saya tidak langsung disambut oleh panitia. Biasanya ini terjadi di acara-acara yang sangat formal sementara panitianya belum terlalu mengenal wajah saya.

Nampaknya dalam benak mereka, seorang pendeta yang bergelar doktor lulusan luar negeri, memimpin di salah satu gereja yang cukup besar di Bandung, pendapatnya sering diliput media dan dianggap sebagai tokoh Kristen Indonesia – tampilannya haruslah lebih mentereng. Mungkin cocok dengan jas rapi atau pembawaan yang begitu menjaga citra personal. Setidaknya tidak dengan kemeja hitam polos sebagaimana yang sering saya kenakan.

Sedari dulu, itulah yang saya hindari. Saya tidak ingin pendapat, ide dan kiprah yang kita angkat harus selalu dikaitkan dan dijaga dengan ketatnya citra personal. Saya ingin berbagi, sekaligus belajar banyak hal. Lingkup kiprah selama ini di jemaat, organisasi kesatuan gereja, dialog lintas agama, isu-isu kebangsaan adalah medan bahasan yang saya unggah untuk didiskusikan dan dikerjakan semangatnya.

Buat saya tidak masalah, bahkan saya justru sangat senang, jika orang lain mengambil alih ide-ide ini, lantas mewujudkannya dalam kiprahnya sendiri. Semua hal tadi bukanlah milik pencitraan personal seorang Albertus Patty.

Lepas dari semua lingkup pelayanan di luar gereja, saya tetaplah seorang pendeta. Saya suka sekali layanan pastoral dan nuansa akrab yang ada di dalamnya. Maka disini, cerita yang menginventarisasi, merangkum dan mengkonseptualkan pemikiran serta kiprah selama ini disandingkan dengan apa yang saya hidupi bersama begitu banyak orang luar biasa.

———————————————————————————————————–

Saya adalah seorang pendeta di GKI Maulana Yusuf Bandung. Pernah menjabat sebagai salah satu ketua PGI juga menjadi pengurus dan perintis sejumlah lembaga Kristiani dan lintas agama. Saya menempuh pendidikan sarjana di STT Jakarta, serta master dan doktoral di Indiana University of Pennsylvania dan Pittsburgh Theological Seminary, Amerika Serikat.

Salam,
Albertus Patty

Bagikan