Hantu-hantu Lain Menunggu Kesempatan!

Apa cara yang terbaik untuk mencegah bangkitnya PKI?

Berpartisipasilah dan bersinergilah dalam membangun pertumbuhan dan keadilan ekonomi. Jauhkan demo-demo yang menciptakan instabilitas yang pada akhirnya mengganggu kinerja pemerintah yang sedang berupaya keras menciptakan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Masyarakat tidak khawatir pada isu bangkitnya PKI. Yang paling dikhawatirkan masyarakat akibat terlalu bersemangat membesar-besarkan isu kebangkitan PKI adalah timbulnya kekacauan dan anarkisme sehingga bangsa ini menjadi morat-marit, kacau balau, dan negara berjalan tanpa kontrol.

Kita semua, terutama pemerintah, harus waspada karena bisa jadi terciptanya kekacauan dan anarkisme adalah target utama munculnya berbagai isu panas.

Di beberapa negara, kekacauan dan anarkisme membuka jalan bagi munculnya hantu-hantu lain. Bisa muncul hantu ORBA yang otoritarian seperti yang terjadi di Turki atau di Venezuela. Bisa juga muncul hantu militerisme seperti di Mesir. Atau hantu fundamentalisme-radikalisme yang memorak-morandakan Irak dan Suriah.

Ketika bangsa Amerika Serikat diambang kekacauan, Reinhold Niebuhr, seorang teologiwan ulung Amerka Serikat, ditanya, “Mana yang anda pilih lebih dulu: keadilan atau keteraturan?” Niebuhr menjawab tegas, “Keteraturan alias order!”

Alasannya? Keadilan tidak mungkin dibangun di atas kekacauan atau anarkisme. Sebaliknya, keadilan masih mungkin dibangun dan dikembangkan di dalam keteraturan (order). Oleh karena itu, hentikanlah segala potensi anarkisme dari mana pun.

Salam,
Albertus Patty

Bagikan

ARTIKEL TERKAIT

Sabam Sirait & Spiritualitas Politiknya

Membicarakan sepak terjang Sabam Sirait dalam dunia politik selalu menarik. Apalagi bila dikaitkan dengan bukunya "Politik itu Suci." Konon, gagasan…

Ketaatan Agama Tanpa Logika

Dengan heran saya selalu bertanya: mengapa para teroris tega menabrakkan pesawat berpenumpang ke gedung WTC? Padahal, konon, para teroris yang…

KDRT

Saya pernah dikecam banyak pihak. Penyebabnya gara-gara saya mendukung niat seorang perempuan yang hendak bercerai dari suaminya. Perempuan ini sudah…

MUI adalah Perekat Bangsa!

Pada hari Senin, 22 November 2021, saya mendapat kehormatan menjadi pembicara dalam Refleksi Akhir Tahun 2021 Lintas Agama yang diselenggarakan…