Pencantuman Aliran Kepercayaan dalam KTP!

Putusan MK tentang “Pencantuman Aliran Kepercayaan dalam KTP” seharusnya disambut baik oleh seluruh anak bangsa karena ia lahir dari kematangan spiritual dan kematangan berdemokrasi.

Putusan MK itu sejajar nilai kemanusiaannya dengan sikap bersejarah kaum kulit putih Amerika Serikat untuk secara sadar dan matang membuat kepuutusan membebaskan dirinya dari rantai diskriminasi dan segregasi terhadap kaum kulit hitam.

Setiap orang tidak lagi dipandang dari segi etnik, agama atau kepercayaannya, tetapi diperlakukan secara setara sebagai warga negara dan sebagai manusia terhormat yg merupakan gambaran dan citra Allah (Imago Dei).

Oleh kerena itu, keputusan MK adalah keputusan bersejarah yang seharusnya dirayakan karena salah satu rantai segregasi dan diskriminasi, yang bertentangan dengan spirit agama dan spirit Konstitusi yang selama ini membelenggu bangsa kita, telah dipatahkan.

Kini, bersama dengan warga negara lainnya, setiap penganut agama lokal, yang kita label sebagai aliran kepercayaan, bisa berteriak lantang, “Merdeka!”

Kita gembira karena dalam putusan MK itu, pelaku sekaligus korban diskriminasi dan segregasi sama-sama telah dimerdekakan.

 

Salam,
Albertus Patty

Bagikan

ARTIKEL TERKAIT

Sabam Sirait & Spiritualitas Politiknya

Membicarakan sepak terjang Sabam Sirait dalam dunia politik selalu menarik. Apalagi bila dikaitkan dengan bukunya "Politik itu Suci." Konon, gagasan…

Ketaatan Agama Tanpa Logika

Dengan heran saya selalu bertanya: mengapa para teroris tega menabrakkan pesawat berpenumpang ke gedung WTC? Padahal, konon, para teroris yang…

KDRT

Saya pernah dikecam banyak pihak. Penyebabnya gara-gara saya mendukung niat seorang perempuan yang hendak bercerai dari suaminya. Perempuan ini sudah…

MUI adalah Perekat Bangsa!

Pada hari Senin, 22 November 2021, saya mendapat kehormatan menjadi pembicara dalam Refleksi Akhir Tahun 2021 Lintas Agama yang diselenggarakan…