Tak Ada yang Sempurna!

Ada hal menarik! 3 negara demokrasi terbesar di dunia mayoritas warganya menganut 3 agama berbeda: Amerika Serikat (Kristen), India (Hindu), & Indonesia (Islam).

Umat Islam di Indonesia menunjukkan kepada dunia bahwa pandangan kaum orientalis yang menyatakan bahwa Islam dan demokrasi tidak akan pernah cocok ternyata salah besar.

Umat Islam Indonesia membuktikan bahwa Islam dan demokrasi dapat saling mengisi dan melengkapi. Sesungguhnya sebagian besar umat Islam di dunia ini justru tinggal dan menikmati hidup nyaman dan damai di negara-negara yang menganut sistem demokrasi.

Sebaliknya, hanya sebagian kecil umat Islam yang tinggal dan hidup di negara-negara non-demokrasi seperti di negara-negara Timur Tengah. Ironisnya, mereka hidup dalam penderitaan dan tekanan karena konflik dan pertikaian terus-menerus.

Akibatnya fatal, belakangan ini, umat Islam dari negara-negara non-demokratis di Timur tengah itu terpaksa melarikan diri dan, ironisnya, umat Islam menjadi pengungsi terbesar di dunia. Mereka mencari suaka di negara-negara yang menganut sistem demokrasi di Barat.

Demokrasi memang sistem yang tidak sempurna, tetapi ia memang sistem yang paling cocok untuk manusia yang juga tidak sempurna.

Salam,
Albertus Patty

Bagikan

ARTIKEL TERKAIT

Sabam Sirait & Spiritualitas Politiknya

Membicarakan sepak terjang Sabam Sirait dalam dunia politik selalu menarik. Apalagi bila dikaitkan dengan bukunya "Politik itu Suci." Konon, gagasan…

Ketaatan Agama Tanpa Logika

Dengan heran saya selalu bertanya: mengapa para teroris tega menabrakkan pesawat berpenumpang ke gedung WTC? Padahal, konon, para teroris yang…

KDRT

Saya pernah dikecam banyak pihak. Penyebabnya gara-gara saya mendukung niat seorang perempuan yang hendak bercerai dari suaminya. Perempuan ini sudah…

MUI adalah Perekat Bangsa!

Pada hari Senin, 22 November 2021, saya mendapat kehormatan menjadi pembicara dalam Refleksi Akhir Tahun 2021 Lintas Agama yang diselenggarakan…